PENGEMBANGAN KIT PEMBELAJARAN DARI LIMBAH SEKAM PADI PADA MATERI BENTUK MOLEKUL KELAS X SMA Adelia Yesya Putri Hasibuan (NIM 4161131002)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kelayakan KIT pembelajaran materi bentuk molekul yang dikembangkan sesuai standar Kemendikbud (2) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan KIT pembelajaran lebih tinggi dari KKM (3) Mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan KIT pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas X SMA pada mata pelajaran kimia materi bentuk molekul pada semester 1 dengan menggunakan kurikulum 2013 tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah 1 dosen Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan dan siswa SMA Budisatrya Medan kelas X MIA 2. Tahapan pengembangan KIT terdiri dari 5 tahap ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil yang diperoleh untuk kelayakan KIT secara keseluruhan adalah 96,87% dengan kategori Sangat Layak. Selanjutnya KIT Pembelajaran digunakan dalam proses pembelajaran dan menghasilkan data yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS For Windows 22 dengan Sig 0,000 < 0,05 yang menyatakan hasil belajar siswa yang menggunakan KIT pembelajaran pada materi bentuk molekul lebih tinggi dari KKM. Sedangkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan KIT Pembelajaran termasuk dalam kategori Sangat Aktif dengan persentase sebesar 90%.