Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry trainingTerhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis Kelas XI semester I SMA Negeri 1 BinjaiT.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inquiry training yang berjumlah 30 orang dan kelas XI MIA-1 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa essay test sebanyak 8 soal yang telah divalidasikan. Nilai rata-rata pretes diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 30,02 dan 27,53. Uji normalitas dari kedua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung > ttabel (1,040<2,002), maka data pretes dari kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry training dan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postest dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 73,8 dan 67,46 , dilakukan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (2,272>1,671), hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 1 Binjai T.P. 2019/2020.