Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi penerapan model pembelajaran problem based lerning berbantu scaffolding untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based lerning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMP Swasta Al-Ulum Medan yang berjumlah 32 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based lerning berbantu scaffolding untuk meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi Operasi Aljabar tahun ajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan persentase banyak siswa yang diperoleh nilai minimal 70 adala 40,62% sedangkan indikator keberhasilan yang ingin dicapai adalah terdapat 80% siswa yang memiliki nila minimal 70. Pada siklus II kemampuan penalaran matematis siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 87,5% siswa sudah mencapai nilai minimal 70. Karena semua indikator sudah terpenuhi maka kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantu scaffolding dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.