Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) fisika kelas XI pada materi gelombang bunyi di MAN 1 Medan. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dan desain Pretest-Posttest Control group design populasi adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen XI MIA 2 berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol XI MIA 3 berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan High Order Thinking Skill berbentuk essay 10 item yang telah di validkan, Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 17,63 dan 19,20. Hasil uji normalitas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Kemudian dilakukan analisis data dari uji t dua pihak didapat nilai thitung = -0,69 dan ttabel = 1,99, menunjukan kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 77,74 dan 54,06. Rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan untuk pertemuan I 54,29 (kurang aktif), pertemuan II 64,50 (cukup aktif) dan pertemuan III 79,99 (aktif). Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan uji gain ternormalisasi 60,11 (sedang) dan kelas kontrol 34,86 (sedang). Hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 9,47 dan ttabel = 1,66 maka Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukan adanya pengaruh yang diperoleh siswa dengan menggunakan model inquiry training berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan High Order Thinking Skill (HOTS) fisika kelas XI pada materi gelombang bunyi di MAN 1 Medan.