Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis saintifik inquiry pada materi pokok suhu dan kalor yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan modul yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Panca Budi Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli desain, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik terhadap modul fisika berbasis saintifik inquiry. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 85,43%, ahli desain 86,78 %, penilaian guru fisika I sebesar 77,35%, penilaian guru fisika II sebesar 82,89% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan sampel 6 orang sebesar 86.06 % termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan pada uji coba luas persentase respon peserta didik dengan sampel 30 orang sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik dapat disimpulkan modul fisika berbasis saintifik inquiry pada materi pokok suhu dan kalor layak digunakan dalam proses pembelajaran.