Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model Number Head Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) menggunakan media kartu soal pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen di sekolah SMA Negeri 10 Medan dengan total sampel sebanyak 64 orang. Pengajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dan dengan media kartu soal. Instrumen penelitian ini terdiri atas instrumen test. Teknik analisis yang digunakan uji t-dua pihak. Dari hasil analisa data hasil belajar diperoleh nilai postest kelas eksperimen I menggunakan model Number Head Together (NHT) dengan media kartu soal sebesar 75,469 sedangkan nilai postest pada kelas eksperimen II menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan media kartu soal sebesar 80,0, dan thitung = -2,886 < ttabel = 1,99934 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 62. Maka, Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan media kartu soal dan yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media kartu soal pada pokok bahasan larutan penyangga.