Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan LKS di SMA Swasta Panca Budi Medan berdasarkan hasil analisis kebutuhan (2) mengetahui tingkat kelayakan LKS berbasis android pada materi larutan penyangga berdasarkan BSNP (3) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS kimia berbasis android pada materi larutan penyangga (4) mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis android pada materi larutan penyangga terhadap motivasi belajar siswa (5) mengetahui hubungan peningkatan hasil belajar siswa dengan motivasi belajar siswa menggunakan LKS kimia berbasis android pada materi larutan penyangga. Tahapan pengembangan LKS terdiri atas tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan tahap implementasi. Hasil yang diperoleh untuk kelayakan kebahasaan 95,80%, rekayasa perangkat lunak 92,05%, tampilan visual 92,05%, kelayakan isi 92,61%, penyajian 94,78% , kegrafisan 96,87% dan kelayakan LKS berbasis android pada materi larutan penyangga secara keseluruhan 94,03%. Selanjutnya LKS kimia berbasis android pada materi larutan penyangga digunakan dalam proses pembelajaran dan menghasilkan data yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS For Windows dengan Sig 0,000 < 0,05 yang menyatakan hasil belajar siswa menggunakan LKS kimia berbasis android pada materi larutan penyangga lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan LKS sekolah, Sig 0,000 < 0,05 menyatakan adanya pengaruh penggunaan LKS kimia berbasis android pada materi larutan penyangga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dan Sig 0,001 < 0,05 pada r = 0,173 (korelasi sangat lemah) dan koefisien determinan sebesar 3% menyatakan bahwa ada hubungan yang sangat lemah peningkatan hasil belajar dengan motivasi belajar menggunakan LKS kimia berbasis android pada materi larutan penyangga.