Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang di belajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media kartu kerja dan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbasis lesson study menggunakan media kartu kerja pada materi Konsep Mol pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Populasi Penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan sebanyak 6 kelas. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media kartu kerja dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis lesson study menggunakan media kartu kerja. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang telah divalidkan. Data hasil belajar terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang di dapat dari kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α=0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,518>1,996), maka Ho ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL berbasis lesson study menggunakan media kartu kerja dan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbasis lesson study menggunakan media kartu kerja.