Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar dan sikap belajar siswa melalui pengguaan media flash player dengan media peta konsep serta mengetahui hubungan antara sikap dengan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media flash player pada pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) materi redoks. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian 2 kelas yang diambil secara purposive sampling yaitu kelas X IPA 3 yang menggunakan media flash player (eksperimen I) dan kelas X IPA 1 yang menggunakan media peta konsep (eksperimen II) pada pembelajaran materi redoks dengan model PBL. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda serta lembar observasi sikap belajar siswa yang telah divalidasi. Data peningkatan hasil belajar dan sikap belajar siswa dianalisis dengan uji t dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung (7,626) berada di daerah kritis yang terletak pada thit > 2,35243 dan thit < -2,35243, maka Ha diterima yaitu ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I (72,95%) lebih tinggi daripada kelas eksperimen II (56,66%). Hasil uji hipotesis sikap belajar dengan uji t dua pihak diperoleh thitung (4,11) berada di daerah kritis yang terletak pada thit > 2,35243 dan thit < -2,35243, maka Ha diterima yaitu ada perbedaan sikap belajar siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Sikap belajar kelas eksperimen I (82,72) lebih tinggi daripada kelas eksperimen II (76,39). Hasil uji korelasi diperoleh rxy (0,468) > rtabel (0,329), sehingga Ha diterima yaitu ada korelasi positif dan signifikan antara sikap belajar dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media flash player dalam pembelajaran model Problem Based Learning dengan kontribusi sebesar 21,90%.