Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok koloid pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Medan Sembilan kelas.Masing-masing kelas berjumlahkan 34 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional, yaitu ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8.11 > 1.668) maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (0.65 > 0.339) maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains. Kontribusi aktivitas siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 57.75%.