Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model Think Pair Share (TPS) menggunakan Power Point dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 8 MEDAN yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian secara Random Sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model Two Stay Two Stray (TSTS) menggunakan Power Point dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan Think Pair Share (TPS) menggunakan Power Point . Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah divalidasi. Aktivitas belajar diamati menggunakan lembar observasi aktivitas. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan uji t dua pihak dan uji korelasi. Hasil uji t-test untuk aktivitas belajar diperoleh harga thitung > t1/2α (8,06 >2,002), uji t-test untuk hasil belajar thitung > t1/2α (3,75 >2,002) dan untuk uji korelasi diperoleh rhitung < rtabel (-0,15<0,361). Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diambil kesimpulan yaitu: 1) ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Think Pair Share (TPS) menggunakan Power Point, 2) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Think Pair Share (TPS) menggunakan Power Point, serta Ha ditolak yaitu : 3) tidak ada hubungan signifikan antara aktivitas siwa dengan hasil belajar yang diajar menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Think Pair Share (TPS) menggunakan Power Point pada materi redoks.