PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MM MENGGUNAKAN MEDIA I-SPRING PADA MATERI SISTEM KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TPS dan Cooperative Learning tipe MM menggunakan media i-Spring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Data hasil belajar siswa diambil dengan instrumen tes objektif sebanyak 16 butir soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitasnya. Data untuk mengukur sikap tanggung jawab yang dimiliki siswa digunakan lembar observasi yang diisi oleh observer. Berdasarkan data hasil uji normalitas dan homogenitas pretest, posttest, dan sikap tanggung jawab siswa pada kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II didapatkan hasil bahwa data pretest, posttest dan sikap tanggung jawab siswa kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji dua pihak Independent Sample T- Test. Untuk uji hipotesis I diperoleh hasil sig. 0,018 (sig. < 0,05) dan untuk uji hipotesis II diperoleh hasil sig. 0,001 (sig. < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TPS menggunakan media i-Spring dibandingkan hasil belajar dan sikap tanggung jawab siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe MM menggunakan media i-Spring pada materi sistem koloid.