PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN MELALUI MEDIA KARTU DOMINO DAN ANIMASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI REDOKS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui media kartu domino dan animasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT) pada materi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X MIA semester genap tahun ajaran 2018/2019 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik random sampling yaitu kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model Teams Games Tournamen (TGT) media kartu domino dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model Teams Games Tournamen (TGT) media animasi. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 butir soal dengan reliabilitas 31,77. Nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen I yaitu 83,66 dan pada kelas eksperimen II yaitu 65,66. Berdasarkan uji parametrik, data hasil pretest dan postes pada kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis yaitu uji t-dua pihak dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung> ttabel. Berdasarkan rata-rata nilai hasil belajar siswa menggunakan model Teams Games Tournamen (TGT)terdapat perbedaan pada kelas eksperimen I dengan media kartu domino dan kelas eksperimen II dengan media animasi, perbedaan hasil belajar siswa dari kedua kelas eksperimen adalah sebesar 7,84%.