Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar hidrolisis garam terintegrasi nilai-nilai islami dan yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar buku kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan Hidrolisis Garam? (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap sikap islami siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai islami? (3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara sikap islami dengan peningkatan hasil belajar siswa? (4) Apakah ada pengaruh keingintahuan siswa terhadap hasil belajar siswa pada model inkuiri terbimbing? (5) Apakah ada perbedaan pengaruh keingintahuan terhadap sikap islami siswa pada model inkuiri terbimbing? (6) Apakah ada interaksi bahan ajar dengan keingintahuan belajar terhadap hasil belajar siswa? Sampel terdiri dari 2 kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar sebanyak 23 butir soal yang valid dan reliable (1,050), serta instrumen angket keingintahuan dan sikap islami siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Paired Sample T-test, Analysis of Varians, dan Correlation, pada program SPSS 20 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu : (1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar hidrolisis garam terintegrasi nilai-nilai islami dan yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar buku kimia SMA/MA pegangan siswa melalui model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada pokok bahasan Hidrolisis Garam (2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap sikap islami siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan bahan ajar kimia terintegrasi nilai-nilai islami (3) adanya hubungan yang signifikan antara sikap islami dengan peningkatan hasil belajar siswa (4) adanya pengaruh keingintahuan siswa terhadap hasil belajar siswa pada model inkuiri terbimbing (5) adanya perbedaan pengaruh keingintahuan terhadap sikap islami siswa pada model inkuiri terbimbing (6) Tidak ada interaksi bahan ajar dengan keingintahuan belajar terhadap hasil belajar siswa.