PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengggunaan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Mia SMA Swasta Al Washliyah 3 Medan, sampel yang diambil dua kelas XI SMA Swasta Al Washliyah 3 Medan yaitu kelas XI Mia 1 dan XI Mia 2 yang masing-masing terdiri dari 28 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban, yang telah divalidkan oleh validator dan kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata – rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 34,821 dan nilai rata – rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,857. Nilai rata – rata pretest kelas kontrol adalah 33,928 dan nilai rata – rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,777. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t satu pihak (pihak kanan). Dari pengujian hipotesis taraf signifikansi α = 0,05 untuk data gain ternormalisasi diperoleh thitung 4,08 sedangkan ttabel 1,674 sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan M3PK lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Direct Instruction. Persen peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 85,7% dan pada kelas kontrol sebesar 77,7%.