Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan keterampilan proses siswa yang menggunakan peenuntun praktikum yang ada di sekolah dan penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA (Peminatan Matematika dan Ilmu Alam) MAN 3 Medanyang berjumlah lima kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai eksperimen. Kelas kontrol mendapat pembelajaran menggunakan penuntun yang ada di sekolah. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan penuntun yang telah dikembangkan. Masing-masing kelas tediri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes dan instrumen non-tes. Instrumen tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dan reliabel dengan reliabilitas 0,756. Instrumen non-tes yang digunakan berbentuk lembar observasi yang telah valid untuk mengukur keterampilan proses siswa. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan postest pada kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk peningkatan hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel, yakni 3,5725 > 2,0021 berarti Ha diterima, yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan lebih tinggi daripada menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk keterampilan proses siswa diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,2695 > 2,0021 berarti Ha diterima, yaitu keterampilan proses siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan lebih tinggi daripada menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah.