Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif, Kemampuan Pribadi, Iklim Kerja, Dan Motivasi Berprestasi terhadap Komitmen Afektif Kepala Sekolah ( Studi Empiris pada Sekolah Menengah Pertama di Pulau Nias)

Main Author: Wau, Yasaratodo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/40325/1/NIM.%200819301014%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/40325/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini ada1ah untuk merespon tujuh hipotesis yang d".ajukan, yailu pengaruh tangsung 1) kepemimpinan partisipatif terhadap komitmen afektif kepala sekolah, 2) kemampuan pribadi terhadap komitmen afektif ltepala selcotlh, 3) ildim kerja terhadap komitmen afektif kepala sekolah, 4) motivasi berprestasi terhadap kornibnen afektif kepala sekolah, 5) kepemimpinan partisipatif terhadap motivasi berprestasi kepata sekolah, 6) kemampuan pribadi terhadap motivasi berprestasi kepala sekolah. dan 7) itJim lcesja terhadap motivasi berprestasi kepala sekolah SMP di Pulau Nias. Populasi penelitian ini adalah 232 kepala seJcolah SMP di Pulau N"aas. Berdasarkan teknik stratified random sampling, 100 kepala sekolah terpilih sebagai sampel . lnstrumen yang dipergunakan adalah angket Skala Likert Data peoelitian dianalisis dengan anarasis jalur dengan pertama melakukan uji persyaratan statistik yang mencakup: (1) uji normalitas dengan Ulifors, (2) uji homogenitas dengan uji Barlett, dan (3) uji linearitas dan regresi. Hasil analisis menunjukbn bahwa terdapat pengaruh langsung dari (1) kepemimpinan partisipatif terhadap komitmen afektif kepab sekolah dengan koef~ien jalur sebesar 0,37, (2) kemampuan pribadi terhadap komitmen afektif kepala sekolah dengan koefisien jalur sebesar 0,34, (3) iklim kerja terhadap komitmen afelctif kepala sekolah koefasien jalur sebesar 0,36. dan (4) motivasi berprestasi terhadap komitmen afektif kepala sekolah koefisien jalur sebesar 0,42. Dan juga ditemulcan bahwa pengaruh langsung dari (1) kepemimpinan partisipatif terhadap motivasi berprestasi kepala sekolah dengan koefisien jalur sebesar 0,30, (2) kemampuan pribadi terhadap motivasi berprestasi kepala sekolah dengan koefisien j31ur sebesar 0,41, dan (3) iklim kerja terhadap motiva.si berpresta.si kepala sekolah dengan ltoefisien jalur sebesar 0,3L Berdasarbn temuan ini dapat disimpulkan bahwa semakin efektif ltepemimpinan partisipatif denpn kemampuan pribadi yang tinggi .. ikfim kerja yang baik, dan motivasi berprestasi yang tinggi, semakin tinggi komitmen afektif kepala sekolah. lmplikasinya adalah untulc meningbtbn tomitmen afelctif beberapa upaya harus dilatukan untuk meningkatkan pengaruh kepemimpinaD ~rtisipatif, kemampuan pribadi, ikfam kerja, motivasi berprestasi. Hal ini dapat dilalcsanakan dengan melakukan evaluasi diri terhadap pelaksanaan kepemimpinan, memahami dengan benar ke'1e1idaan diri .. arti dari iklim kerja yang berkembang eli sekolah, untuk menerim.a tanggung jilwab tepala selmfah sebagai suatu kebutuhan bubn sebapi suatu tugas. Dengan demikian disaranbn .aa r kepm sekolah secara berkelanjutan mengoptimalc.an pengikutsertaan para guru dalam menpmbil •epuhssan dan memecahkan masalah pend"dhn .. meningkatkan kemampuan pribadi. naunbwt sfo&an-slogan untuk membangkitlcan semanpt keaja., merencanakan program kerja yaac menantan& dan ikut serta dalam beabapi kegialan pengembangan diri seperti pelatihan, sen - aar, dan disltusi tentans peninpatan kreasi dan perneliharaan iklim kerja, penin&bbR efelcliwilas lcepemimpinan partisipalif, kemampuan cliri. dan motivasi berprestasi