Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Harmoni I dengan Mengontrol PengetahuanAwal Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Musik Unimed
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Harmoni I antara strategi pembelajaran kontekstual dengan ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal, (2) perbedaan hasil belajar Harmoni I antara kecerdasan musikal melodi dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal, (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal terhadap hasil belajar Harmoni I setelah mengontrol pengetahuan awal, (4) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan ekspositori dengan kecerdasan musikal melodi setelah mengontrol pengetahuan awal, (5) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan ekspositori dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal, (6) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang memiliki kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal, dan (7) perbedaan hasil belajar Harmoni I yang memiliki kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah 89 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Musik FBS Unimed. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAKOVA pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Harmoni I yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 13,405 > Ftabel = 3,986 pada 0,05, (2) hasil belajar Harmoni I dengan kecerdasan musikal melodi lebih tinggi dibandingkan dengan kecerdasan musikal irama setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 8,524 > Ftabel = 3,986 pada 0,05 (3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal terhadap hasil belajar Harmoni I setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 83,208 > nilai Ftabel = 3,986 pada 0,05, (4) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal Fhitung = 10,24 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, (5) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 10,24 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, (6) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi lebih tinggi daripada kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual setelah mengontrol pengetahuan awal dengan Fhitung = 12,69 > Ftabel = 2,742 pada α 0,05, dan (7) hasil belajar harmoni I untuk kecerdasan musikal melodi dan kecerdasan musikal irama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekpositori tidak berbeda secara signifikan setelah mengontrol pengetahuan awal, dengan Fhitung = 6,2 > Ftabel = 2.742 pada α 0,05.