Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan model penilaian berbasis HOTS untuk teks berita bagi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan isi berada pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 92%. Kelayakan penyajian pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 93,63%, dan kelayakan bahasa berada pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 91,54%. Validasi ahli evaluasi pada penilaian validasi instrumen pilihan ganda pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 88,09% dan pada penilaian validasi instrumen uraian berada pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 89,33%. Hasil angket tanggapan guru diperoleh rata-rata sebesar 96% pada kategori sangat praktis dengan respon siswa sebesar 95,33% dengan kategori sangat baik. Hasil pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh skor rata-rata adalah 54,42. Temuan penelitian ini yaitu instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills dapat mengukur dimensi pengetahuan siswa. Ini memberikan petunjuk bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills lebih tepat diterapkan dalam pembelajaran sehingga guru dapat mengevaluasi lebih lanjut kelebihan dan kekurangan pembelajaran.