Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Jurusan Biologi pada Mata Kuliah Kultur Jaringan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) Hasil belajar; (2) Kemampuan berpikir kritis; (3) Sikap ilmiah mahasiswa Jurusan Biologi pada Mata Kuliah Kultur Jaringan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk essai tes, kemampuan berpikir kritis dalam bentuk pilihan serta angket sikap ilmiah. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovarian pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan menggunakan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar (F = 56,501; P = 0,000) dengan uji tukey dari hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry 89,16±2,98 secara signifikan berbeda dibandingkan dengan model pembelajaran discovery 84,83±3,72 dan berbeda signifikan dengan model pembelajaran Langsung 74,85±8,25; (2) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis (Chi square= 1,000; P = 0,317); dan (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap sikap ilmiah (F = 17,607; P = 0,000) dengan uji tukey dari sikap ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry 80,09±5,17 berbeda signifikan dengan model pembelajaran discovery 84,41±4,563 dan berbeda signifikan dengan model pembelajaran langsung 77,51±5,498. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah serta tidak terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada dosen untuk dapat menerapkan model pembelajaran inquiry ataupun discovery pada materi kultur jaringan dalam upaya meningkatkan hasil belajar, sikap ilmiah serta kemampuan berpikir kritis mahasiswa.