Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Keterampilan passing bola voli siswa yang diajarkan dengan menggunakan model massed practice dan distributed practice terhadap keterampilan passing bola. (2) Pengaruh keterampilan passing bola voli siswa yang memiliki kemampuan gerak tinggi dan gerak rendah. (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan gerak terhadap keterampilan passing bola voli. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Medan, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Model penelitian ∝ menggunakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2, teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua arah dengan taraf signifikan = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterampilan passing bola voli yang diajarkan siswa menggunakan model massed practice lebih tinggi jika dibandingkan dengan keterampilan passing bola voli siswa yang menggunakan model distributed practice, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,24> Ftabel = 4,18; (2) keterampilan passing bola voli siswa yang memiliki kemampuan gerak tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan gerak rendah, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 12,15> Ftabel = 4,18; (3)terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan gerak siswa terhadap keterampilan passing bola voli siswa, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 21,12> Ftabel = 4,18. Kesimpulan, bahwa model massed practice dapat meningkatkan keterampilan passing bola voli siswa.