Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran di dalam kelas merupakan suatu sistem yang meliputi banyak komponen, antara lain: guru, siswa, tujuan, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi. Hal ini menunjukkan bahwa guru harus mampu mengembangkan kemampuan dirinya, dalam mengelola pembelajaran. Berdasarkan pengematan yang diperoleh dari tempat uji coba, ditemukan fakta bahwa adanya ketidaksesuaian antara bahan ajar dan kurikulum dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa hanya menggunakan bahan ajar yang siap pakai sebagai rujukan yaitu buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lembar kerja siswa berbasis karakter yang cocok digunakan untuk pembelajaran tematik dalam sub-tema menyanyi dan menari untuk sekolah dasar kelas 1; (2) dan mengetahui efekrivitas dari penerapan LKPD Tematik berbasis karakter melalui pretes dan postes . Lembar kerja siswa ini disusun menggunakan model 4D, Research & Development. Penelitian pengambilan data dilakukan di SDN 10187 Tanjung Morawa. Fase penelitian adalah mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Tingkat kelayakan lembar kerja siswa diperoleh dari validator ahli dan validator praktisi yang dianalisis. Setelah divalidasi dan direvisi, produk diuji secara terbatas pada siswa. Hasil uji coba terbatas kemudian dianalisis untuk menentukan kelayakan lembar kerja siswa dari sudut pandang siswa. Tes ekstensif dilakukan setelah melakukan perbaikan dari hasil uji coba terbatas. Hasil belajar pada kelas eksperimen (kelas yang menggunakan LKPD Tematik berbasis karakter) diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 63,24 dan postes sebesar 90,40. Sedangkan pada kelas kontrol (kelas yang menggunakan LKPD biasa dari sekolah) diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 56,60 dan postes 71,80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD tematik berbasis karakter pada subtema gemar bernyanyi dan menari untuk siswa kelas 1 efektif untuk digunakan setalh dilakukan uji coba melalui tes dan observasi.