PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH
Daftar Isi:
- Penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian menulis teks cerpen berbasis portofolio. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada pengembangan Borg dan Gall (dalam Tegeh dkk, 2014:7-13). Proses pengembangan modul dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi ahli materi terdiri dari 4 aspek yaitu aspek kalayakan isi diperoleh rata-rata 77 dengan kriteria efektif, Aspek kelayakan penyajian diperoleh rata-rata 92,5 dengan kriteria sangat efektif, aspek kelayakan bahasa diperoleh rata-rata 77 dengan kriteria efektif, dan aspek penilaian kotekstual diperoleh rata-rata 79,9 dengan kriteria efektif, Penilaian kelayakan oleh ahli evaluasi instrumen diperoleh rata-rata 85 dengan kriteria sangat efektif. Penilaian menginterpretasi makna teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,7, Penilaian mengidentifikasi abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan koda memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,7 dan Penilaian menulis teks cerita pendek memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,97. Penelitian ini berimpilkasi dalam penggunaan instrumen penilaian menulis teks cerpen berbasis portofolio.