Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Berpikir Aras Tinggi pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri 040460 Berastagi
Daftar Isi:
- Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan aras tinggi dilatarbelakangi pembelajaran tematik yang dilakukan serta penggunaan LKPD hanya mengembangkan dan menguji daya ingat serta menghafal saja. Lembar kerja peserta didik yang digunakan masih sederhana, belum memancing siswa berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan berpikir aras tinggi agar layak digunakan oleh siswa kelas V SD, dan efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall. Dari model pengembangan Borg & Gall dalam penelitian dan pengembangan ini disederhanakan hanya sampai langkah ke-7 saja, yaitu: (1) Studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Merevisi hasil uji coba, (6) Uji coba lapangan, (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040460 Berastagi. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli dan tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh bahwa LKPD berbasis keterampilan aras tinggi untuk siswa kelas V dengan rata-rata skor validasi sebesar 93% atau berkategori sangat valid; (2) berdasarkan hasil uji coba lapangan telah diperoleh bahwa LKPD berbasis keterampilan berpikir aras tinggi pada konsep organ gerak manusia dan hewan efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada pembelajaran tematik di kelas V. Peningkatan terlihat pada nilai gain yang diperoleh mencapai skor 83 pada uji coba kelompok kecil dan skor 80 pada kelompok besar yang dinyatakan berkategori “Tinggi” . Disarankan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan berbasis aras tinggi ini digunakan oleh guru kelas V SD untuk membantu meningkatkan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran tematik.