UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KOLOID KURIKULUM 2013 DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA CHEMONDRO
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Chemondro lebih tinggi dari pada model pembelajaran Direct Instruction menggunakan media Chemondro pada materi Koloid. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri semester genap yang menggunakan kurikulum 2013 T.A 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dari enam kelas siswa kelas XI IPA diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 6 (eksperimen I) dan XI IPA 5 (eksperimen II). instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen I dan II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh z hitung > z tabel (16,53 > 1,75). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I yaitu sebesar 70,8% dan pada kelas eksperimen II yaitu sebesar 67,2% Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning menggunakan media Chemondro pada materi Koloid.