PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Higher Order Thinking Skills terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Binjai dan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Higher Order Thinking Skills dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil pengolahan data diperoleh data pretest dan posttest berdistribusi normal dan kedua kelas sampel homogen. Setelah data dianalisis, bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II. Dan sesuai dengan uji-t diperoleh bahwa 7,83 > 1,66827 maka Ha diterima (Ho ditolak). Untuk mengetahui motivasi belajar siswa juga dilakukan uji-t, analisis data yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen II. Hal ini dinyatakan bahwa 3,021> 1,66827 maka Ha diterima (Ho ditolak). Uji Korelasi menunjukan hubungan yang positif antara motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh 0,81 > 0,339 dengan koefisien determinasi dari 65%. Hasil korelasi menunjukkan hubungan yang tinggi bahwa ada pengaruh korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan oleh model Problem Based Learning berbasis Higher Order Thinking Skills terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada larutan penyangga.