PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN BERTEMA LINGKUNGAN PADA PENBELAJARAN TEKS DESKRIPSI UNTUK SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PERSIAPAN NEGERI 4 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan bacaan bertema lingkungan pada pembelajaran teks deskripsi, (2) kelayakan bahan bacaan bertema lingkungan pada pembelajaran teks deskripsi, (3) efektivitas produk bahan bacaan bertema lingkungan pada pembelajaran teks deskripsi oleh para ahli untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 Medan. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bidang studi bahasa Indonesia, dan siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan mendapatkan hasil bahwa responden belum pernah menggunakan bahan bacaan bertema lingkungan di dalam kelas dan responden juga membutuhkan bahan bacaan bertema lingkungan untuk dipakai di dalam kelas selama proses pembelajaran teks deskripsi, (2) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata delapan 86,45% pada kriteria “sangat baik”, kelayakan penyajian dengan rata-rata 84,72% pada kriteria “sangat baik”, aspek bahasa dengan rata-rata 86,11% pada kriteria “sangat baik”, aspek lingkungan dengan rata-rata 84,37% pada kriteria “sangat baik”, dan validasi ahli desain dengan rata-rata 88% pada kriteria “sangat baik”. (3) uji efektivitas produk pembelajaran berupa bahan bacaan bertema lingkungan terhadap 34 responden yang terdiri dari 2 orang guru bidang studi Bahasa Indonesia yang mendapat hasil rata-tata 86,76% dalam kategori “sangat baik”. Uji coba produk perorang mendapat rata-rata 82,22% dalam kategori “sangat baik”, pada uji coba kelompok kecil mendapat rata-rata 86,11% dalam kategori “sangat baik”, dan untuk uji coba lapangan terbatas mendapat rata-rata 89,12% dalam kategori “sangat baik”. Siswa sesudah menggunakan bahan bacaan mendapat nilai rata-rata 81,25 dibandingkan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan bacaan yang berjumlah 2030 dengan rata-rata 63,43, Dengan demikian bahan bacaan bertema lingkungan dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung pembelajaran teks deskripsi di kelas yang efektif dan praktis