PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN DAN INKLUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMK SWASTA ERIA MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar passing bawah permainan bola voli pada siswa SMK Swasta Eria Medan. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh gaya mengajar latihan dan inklusi terhadap hasil belajar passing bawah permainan bola voli ditinjau dari minat belajar. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain by level 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Eria Medan pada semester genap T.A. 2019/2020 pada bulan Januari 2020 s/d Maret 2020. Hasil penelitian ini adalah : 1) Dari hasil penelitian diperoleh A1 dan A2 Fh 23,72 dan Ft 4,04 . 2) Dalam uji tukey diperoleh Q tabel = 2 :20 = 2,92 dan Qt = 14,54. 3) Dalam uji tukey diperoleh Q tabel = 2 :20 = 2,92 dan Qt = 4,23. 4) Kemudian untuk pengujian interaksi diperoleh Fh 42,35 dan Ft 4,04. Kemudian dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil belajar passing bawah bola voli dalam antara gaya mengajar gaya latihan lebih baik daripada gaya mengajar inklusi. 2) Siswa yang diajarkan dengan gaya mengajar latihan dengan minat belajar tinggi lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan gaya mengajar gaya inklusi dengan minat belajar tinggi. 3) Siswa yang diajarkan dengan gaya mengajar inklusi dengan minat belajar rendah lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan gaya mengajar gaya latihan dengan minat belajar rendah. 4) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan minat belajar terhadap hasil belajar passing bawah bola voli.