Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul PPKn materi cinta lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh rata-rata 91,6 %, Penilaian kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh rata-rata 92,1 %, Penilaian kelayakan oleh ahli desain memperoleh rata-rata 80%. Uji coba individu dengan rata-rata 80,5 % dengan kategori baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 85,4 % dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,4 % dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa mengamati dengan rata-rata 92,4 %, Hasil observasi aktivitas siswa menanya dengan rata-rata 85,6 %, Hasil observasi aktivitas siswa mencoba dengan rata-rata 84,9 %, Hasil observasi aktivitas siswa mengasosiasi/menalar dengan rata-rata 89,4 %, Hasil observasi aktivitas siswa mengkomunikasikan dengan rata-rata 83,9%. jadi kesimpulanya modul PPKn materi cinta lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran example non example ini dinyatakan efektif untuk membangkitkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari tes hasil belajar siswa. Pada saat pretes diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 69,8 dan pada saat sesudah menggunakan modul (postes) yaitu 82,3 Berdasarkan data tersebut diperoleh selisih peningkatan yang cukup signifikan yaitu 12,5%.