PEMBELAJARAN GERAK DASAR PENCAK SILAT DENGAN PERMAINAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TANJUNG SARI DI KOTA MEDAN
Daftar Isi:
- Pembelajaran gerak dasar merupakan aspek utama yang harus dikuasai peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran gerak dasar pukulan dan tendangan dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Untuk mengetahui kelayakan model pembelajaran gerak dasar pukulan dan tendangan pencak silat dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yaitu model pengembangan (R&D) yaitu menghasilkan sebuah produk buku pedoman permainan gerak dasar pukulan dan tendangan pencak silat dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas XI SD Muhammadiyah yaitu pada uji coba kelompok kecil sebanyak 30 orang dan pada uji coba kelompok besar sebanyak 100 orang siswa SD Muhammadiyah Medan. Hasil penelitian ini diperoleh kelayakan produk pembelajaran gerak dasar pencak silat berdasarkan penilaian ahli dan uji coba lapangan diperoleh rentang persentase 84,28%-95,83%. Kesimpulan penelitian ini model pembelajaran gerak dasar pencak silat dengan permainan bagi siswa sekolah dasar Muhammadiyah Tanjung Sari dinyatakan “layak” dan dapat “digunakan”.