Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar mahasiswa, hasil belajar mahasiswa dan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiwa pendidikan biologi angkatan 2017 pada mata kuliah anatomi tumbuhan Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2017 yang terdiri dari 182 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sampel berjumlah 52 mahasiswa yang terdiri dari 27 mahasiswa pendidikan biologi D, 25 mahasiswa pendidikan biologi E. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket gaya belajar dan hasil belajar dari nilai UTS dan UAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari hasil angket gaya belajar diperoleh gaya belajar visual 16 mahasiswa (31%), gaya belajar auditori 25 mahasiswa (48%), dan gaya belajar kinestetik 11 mahasiswa (21%). Hasil belajar mahasiswa masih tergolong rendah dengan rata-rata 67. Dengan menggunakan uji analisis varians diperoleh Fhitung 380,9 lebih besar dari Ftabel 3,0551 (380,9 > 3,0551), berdasarkan data tersebut terdapat pengaruh gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2017 terhadap mata kuliah anatomi tumbuhan Universitas Negeri Medan.