EFEKTIVITAS PERPUSTAKAAN UNIMED DALAM ENAM TUGAS BERBASIS KKNI MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNIMED
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan perpustakaan Unimed dalam enam tugas mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2017 sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang mengambil mata kuliah Morfologi Tumbuhan yaitu kelas A reguler 2017 (28 orang) dan kelas D reguler 2017 (26 orang). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket efektivitas perpustakaan dan dokumentasi nilai enam tugas mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan rata-rata skor akhir dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor angket efektivitas perpustakaan dalam enam tugas pada kriteria kepuasan pemakai (76,85); waktu pelayanan (83,89); pengaksesan (77,08) yang termasuk kategori sangat efektif. Sedangkan rata-rata skor pada kriteria penggunaan (74,66); rasio biaya dan keuntungan (74,22) yang termasuk kategori efektif. Rata-rata nilai enam tugas berbasis KKNI mata kuliah Morfologi Tumbuhan diantaranya (1) Tugas Rutin (92,07); (2) Critical Book Report (91,55); (3) Crictical Journal Report (91,62), (4) Rekayasa Ide (91,92); (4) Mini Research (93,70); dan (6) Tugas Project (94,59). Korelasi antara efektivitas perpustakaan dan nilai enam tugas mempunyai tingkat hubungan sangat tinggi yang berada pada rentang koefisien 1,00 - 1,21. Korelasi antara aspek efektivitas perpustakaan dengan nilai enam tugas juga mempunyai hubungan sangat tinggi yang berada pada rentang koefisien 0,99 – 1,00.