Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal ujian akhir semester genap kelas XI IPA T.P 2018/2019 berdasarkan analisis kualitatif (meliputi validitas isi dan konstruksi), taksonomi bloom, serta analisis kuantitatif (meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, validitas, dan efektivitas pengecoh). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 93 orang. Objek penelitian adalah soal Ujian Akhir Semester (UAS), kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Data diperoleh dengan metode dokumentasi dan kemudian dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel dan program Anates versi 4,0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) analisis kualitatif, diperoleh 37% soal termasuk kategori sangat baik, 43% baik, 13% cukup, 7% kurang baik dan validitas konstruksi diperoleh 100% soal termasuk kategori sangat baik, (2) taksonomi bloom, belum memenuhi proporsi soal yang seimbang yakni dengan formulasi C1 13,3%, C2 36,7%, C3 20%, C4 23,3%, C5 6,7%, C6 0%, (3) analisis kuantitatif, berdasarkan tingkat kesukaran untuk kategori mudah 43%, sedang 40% dan sukar 17%. Berdasarkan daya pembeda untuk kategori jelek 13,3%, cukup 50 %, baik 33,3%, dan tidak baik 3,4%. Berdasarkan reliabilitas, termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai 0,67. Berdasarkan validitas, soal yang valid sebesar 87%, dan tidak valid 13%. Analisis efektivitas pengecoh, dengan kategori sangat baik sebesar 10%, baik 23%, cukup 27%, kurang baik 23%, dan tidak baik 17%.