Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat literasi dan hasil belajar mahasiswa, serta mengetahui hubungan antara tingkat literasi dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan menggunakan kurikulum berbasis KKNI. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi Reguler angkatan 2018 Universitas Negeri Medan yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, yaitu kelas Pendidikan Biologi D dan E 2018. Instrumen yang digunakan angket literasi dan tes hasil belajar kognitif mahasiswa pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan korelasi Product Moment (r). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat literasi Mahasiswa dalam kategori cukup, dengan persentase sebesar 58%. Untuk rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan dalam kategori sangat rendah, dengan nilai 56,03. Berdasarkan perhitungan koefisien Korelasi (r), diperoleh nilai korelasi dalam interpretasi tinggi dan terdapat korelasi antara tingkat literasi dengan hasil belajar mahasiswa. Dari perhitungan Uji-t diketahui bahwa Ha diterima yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat literasi dengan hasil belajar Mahasiswa pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan. Literasi memberikan kontribusi sebesar 46% terhadap hasil belajar mahasiswa khususnya pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan.