Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X IPA SMAN 10 Medan T.P 2018//2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Mei, di SMAN 10 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA sebanyak 103 orang. Sampel diambil secara acak dan berjumlah 60 orang. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siswa kelas eksperimen adalah pretes sebesar 44,89 dan postes sebesar 83,53, sedangkan kelas kontrol pretes sebesar 44,34 dan postes sebesar 73,53. Selanjutnya uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa (thitung = 4,793 > ttabel = 2,393) untuk hasil belajar dan (thitung = 5,934 > ttabel = 2,393) untuk keterampilan proses sains siswa pada taraf signifikasi 1%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMAN 10 Medan T.P 2018/2019.