Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi ekosistem di MAN 1 Langkat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Miskonsepsi siswa pada materi pokok ekosistem dianalisis dengan menggunakan intrumen tes pilihan ganda dengan tingkat keyakinan (Certainty of respons index, CRI). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan tingkat keyakinan (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata miskonsepsi siswa pada materi ekosistem di MAN 1 Langkat Tahun Pembelajaran 2018/2019 yaitu sebesar 42,30% dikategorikan hampir setengahnya mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi siswa paling tinggi pada materi ekosistem di MAN 1 Langkat terdapat pada indikator tentang mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu sebesar 55% dan dikategorikan lebih dari setengahnya. Sedangkan berdasarkan sumber informasi yang menyebabkan miskonsepsi siswa paling banyak berasal dari Buku (48,62%).