PENGEMBANGAN TES ONLINE BERBASIS LMS MOODLE SEBAGAI ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran tes yang telah dikembangkan; (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media tes online yang telah dikembangkan; (3) Untuk mengetahui respon siswa mengenai tes online berbasis LMS Moodle yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Dairi yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi oleh ahli media, angket penilaian guru bidang studi fisika, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil analisis data validitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran dari 40 butir soal yang telah dikembangkan, terdapat 21 soal yang valid. Sedangkan untuk hasil perhitungan reliabilitas tes diperoleh nilai koefisien reliabilitas.