Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan pada SMK Negeri 5 Medan yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi dengan materi spesifikasi dan karakteristik beton. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah soal tes hasil belajar. Tes hasil belajar yang digunakan yaitu tes soal pilihan ganda. Analisa data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 73, 91 dengan persentase kelulusan 60,87% (ketuntasan klasikal) meningkat menjadi 93, 61 pada siklus II dengan persentase kelulusan 100 % (ketuntasan klasikal). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan.