Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Rendahnya kunjungan masyarakat ke pelayanan kesehatan (Puskesmas) karena kurangnya pengetahuan masyarakat desa akan pentingnya menjaga kesehatan (gaya hidup), kurangnya sosialisasi tenaga kesehatan terhadap masyarakat, terbatasnya sarana dan prasarana yang tersedia di Poskesdes/Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Tanggapan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Desa Garoga Sibargot Kecamatan Garoga Kabupaten Tapanuli Utara”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 725 KK. Sampel yang diambil dari penelitian ini sebanyak 72 KK, masyarakat yang tinggal di Desa Garoga Sibargot. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan teknik analisi data menggunakan rumus P = f/n x 100%. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa tanggapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dibagi menjadi tiga yaitu:1). Kesadaran masyarakat memberikan penilaian Baik terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan di Desa Garoga Sibargot yaitu sebanyak 7,0% responden. 2). Penilaian masyarakat Cukup Baik terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan di Desa Garoga Sibargot yaitu sebanyak 6,51% responden. 3). penerimaan masyarakat memberikan penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan di Desa Garoga Sibargot Kurang Baik yaitu sebanyak 3,18% responden. Jadi kesimpulannya adalah 15,16% tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan di Desa Garoga Sibargot Kecamatan Garoga Kabupaten Tapanuli Utara Kurang Baik .