ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI BERBASIS ENAM TUGAS KKNI PADA MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif tingkat rendah dan tinggi berbasis enam tugas KKNI dan mengetahui perbedaan kemampuan kognitif tingkat tinggi berdasarkan jalur seleksi masuk pada jurusan Biologi Unimed. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan biologi Unimed Angkatan 2017 yang masih aktif sebanyak 177 orang. Sumber data dari penelitian ini berupa tes UTS dan UAS, angket dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif tingkat rendah mahasiswa pendidikan biologi 74,19 tinggi dan kemampuan kognitif tingkat Tinggi mahasiswa pendidikan biologi 62,92 Tinggi. Berdasarkan indikator menganalisis 37 % baik, mengevaluasi 31 % kurang baik dan mencipta 32% kurang baik. Hasil analisis data penelitian yang diperoleh rata-rata kemampuan kognitif tingkat tinggi jalur masuk SNMPTN 61,65403, SBMPTN 64,169354, dan UMBPTN 62,383333, dan hasil uji T menunujukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan kognitif tingkat tinggi dari mahasiswa pendidikan biologi jalur SNMPTN, SBMPTN dan UMBPTN dan berdasarkan ketiga jalur masuk mahasiswa memiliki kemampuan kognitif tingkat tinggi yang tinggi.