Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menemukan 1) Model peningkatan kinerja guru BK SMP yang dibangun berdasarkan hubungan kausal assosiatif antara variabel eksogenius terhadap variabel endogenous. 2) Mengetahui: a) Pengaruh langsung positif Altruisme terhadap pengambilan keputusan guru BK SMP, b) Kecerdasan emosional terhadap pengambilan keputusan guru BK SMP, c) Kesadaran Situasi terhadap pengambilan keputusan guru BK SMP, d) Altruisme terhadap kinerja guru BK SMP, e) Kecerdasan Emosional terhadap kinerja guru BK SMP, f) Kesadaran Situasi terhadap kinerja guru BK SMP, g) Pengambilan Keputusan terhadap kinerja guru BK SMP. Populasi penelitian adalah guru BK SMP se Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, yang berjumlah 259 orang, sampel sebanyak 175 orang yang dipilih dengan cara proporsional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penilaian kinerja guru BK SMP dan angket dengan skala Likert. Data penelitian diolah dan dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian ditemukan pengaruh langsung Altruisme terhadap pengambilan keputusan sebesar 0,259 atau 25 persen, pengaruh langsung Kecerdasan Emosional terhadap Pengambilan Keputusan sebesar 0,352 atau 35 persen, pengaruh langsung Kesadaran Situasi terhadap Pengambilan Keputusan sebesar 0,346 atau 34 persen, pengaruh langsung Altruisme terhadap Kinerja guru BK SMP sebesar 0,203 atau 20 persen, pengaruh langsung Kecerdasan Emosional terhadap kinerja guru BK SMP sebesar 0,135 atau 13 persen, pengaruh langsung Kesadaran Situasi terhadap kinerja guru BK SMP sebesar 0,415 atau 41 persen, pengaruh langsung Pengambilan Keputusan terhadap kinerja guru BK SMP sebesar 0,286 atau 28 persen. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa kinera guru BK SMP dapat ditingkatkan jika Altruisme, Kecerdasan Emosional, Kesadaran Situasi, dan Pengambilan Keputusan ditingkatkan.