Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 5 Medan

Main Author: Amri, MHD. Fauzi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/39864/1/1.%20NIM.%208176122016%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/2/2.%20NIM.%208176122016%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/3/3.%20NIM.%208176122016%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/4/4.%20NIM.%208176122016%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/5/5.%20NIM.%208176122016%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/6/6.%20NIM.%208176122016%20LIST%20OF%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/7/7.%20NIM.%208176122016%20LIST%20OF%20FIGURES%20.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/8/8.%20NIM.%208176122016%20LIST%20OF%20APPENCIES%20.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/9/9.%20NIM.%208176122016%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/10/13.%20NIM.%208176122016%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/11/14.%20NIM.%208176122016%20BIBLIOGRAPY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39864/
Daftar Isi:
  • Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif yang layak, efektif digunakan, mudah dipelajari dan mudah digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Adapun proses pembuatan produk ini meliputi tahap-tahap sebagai berikut : (1) studi pendahuluan; (2) perancangan dan pengembangan; (3) validasi; (4) Uji media. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji ahli materi bahwa materi pelajaran Teknologi Dasar Otomotif masuk kedalam kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,20. (2) Uji ahli desain instruksional masuk kedalam kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,44. (3) Uji ahli perangkat lunak masuk kedalam kriteria layak dengan skor rata-rata 4,03. (4) Uji perseorangan masuk kedalam kriteria akseptansi sangat tinggi atau tingkat penerimaan oleh pengguna sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,33. (5) Uji coba kelompok kecil masuk kedalam kriteria akseptansi sangat tinggi atau penerimaan oleh pengguna sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,18. (6) Uji coba lapangan masuk kedalam kriteria akseptansi sangat tinggi atau penerimaan oleh pengguna sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,64. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif. Hal ini disimpulkan dari hasil pengolahan data dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,348 < 1,738 pada taraf signifikan α = 0,05. Kesimpulan akhir adalah efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif terdapat perbedaan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif yaitu siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 79,76 sedangkan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki hasil belajar sebesar 72,33.