Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah mahasiswa mahasiswa Biologi yang berkaitan dengan Tugas Rutin (TR), Critical Book Report (CBR), Critical Jurnal Review (CJR), Riset Mini, Projek, dan Rekayasa Ide yang meliputi berpikir kritis, berpikiran terbuka dan kerjasama, kreatif dan inovatif, dan respek terhadap fakta/data, serta perbedaan sikap ilmiah mahasiswa dari masing – masing kelas pada mahasiswa Biologi angkatan 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Biologi Universitas Negeri Medan angkatan 2017 yang terdiri dari 8 kelas dan jumlah seluruhnya 254 mahasiswa. Pengambilan sampel ditentukan secara acak (random sampling) pada setiap kelas 50% + 1 dengan total 130 mahasiswa. Dari hasil analisis diketahui Sikap ilmiah mahasiswa Biologi terhadap 6 tugas KKNI memiliki kategori yang berbeda. Sikap ilmiah kreatif dan inovatif merupakan sikap ilmiah dengan yang memperoleh rata – rata persentase tertinggi dibandingkan dengan sikap ilmiah yang lainnya yaitu 83,5% (Sangat Baik). Sedangkan sikap respek terhadap data/fakta 59,6% (Kurang Baik), berpikir kritis 66,1% (Baik), dan berpikiran terbuka dan kerjasama 73,8% (Baik). Dan Sikap ilmiah dari masing – masing kelas pada mahasiswa Biologi angkatan 2017 tidak memiliki perbedaan yang signifikan.