PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MAN 2 DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di MAN 2 Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Dalam penelitian ini sampel berjumlah 60 orang yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa tertinggi diperoleh dari gaya belajar kinestetik (83,14). Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa tertinggi diperoleh dari gaya belajar visual (79,25). Hasil uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh yang siginifikan pada gaya belajar terhadap aktivitas siswa. Namun tidak berbeda secara signifikan terhadap kemampuan berpikir krits siswa.