PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK N 7 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini untuk (1) mengetahui dan menganalisis antara model pembelajaran Advance Organizer dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK N 7 Medan, (2) Mengetahui dan menganalisis antara kemandirian belajar yang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dengan kemandirian belajar yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK N 7 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK N 7 Medan yang berlokasikan di JL. STM. No. 12 E Medan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak yang berjumlah 71 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perbedaan hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Advamce Organizer dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan skor Fhitung 4,32 dan Ftabel 3,98. (2) Perbedaan hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan hasil belajar kewirausahaan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah dengan skor Fhitung 5,18 dan Ftabel 3,98. (3) Interaksi antara model pembelejaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa dengan skor Fhitung 27,70 dan Ftabel 3,98. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kewirausahaan sisiwa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan memiliki kemandirian belajar tinggi lebih tinggi daripada dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.