Daftar Isi:
  • Implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai dasar standar kompetensi di Universitas Negeri Medan telah membawa perubahan dalam kegiatan belajar mengajar. Inovasi materi pembelajaran kimia diperlukan untuk menyediakan siswa dengan sumber daya yang sesuai untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan analitis mereka. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang inovatif dengan integrasi proyek dan multimedia untuk pengajaran topik Gravimetri Kimia Analitik. Penelitian ini dilakukan di Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan dalam tiga tahap: (1) pengembangan dan standarisasi satu set bahan pembelajaran yang inovatif, (2) persiapan proyek dengan multimedia sesuai dengan kurikulum KKNI, dan (3) implementasi materi pembelajaran yang dikembangkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket materi pembelajaran inovatif standar telah dikembangkan untuk topik Gravimetri. Isi mata pelajaran kimia telah diperkaya dengan contoh-contoh kontekstual dengan integrasi proyek-proyek untuk memenuhi kebutuhan bahan pembelajaran bagi mahasiswa sarjana. Paket pembelajaran telah dirancang secara sistematis untuk dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar kimia. Fasilitas pembelajaran multimedia disediakan dalam materi pembelajaran yang dikembangkan yang ditemukan cukup untuk mendukung mahasiswa untuk belajar kimia analitik secara mandiri. Telah diketahui bahwa pengetahuan dan keterampilan mahasiswa ditingkatkan dengan pelaksanaan proyek-proyek kimia