Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah mahasiswa Pendidikan Biologi yang meliputi sikap ingin tahu, sikap berfikir kritis, sikap respek terhadap data/fakta, sikap ketekunan, sikap penemuan dan kreativitas, sikap berfikir terbuka dan kerja sama, sikap peka terhadap lingkungan sekitar pada mata kuliah Taksonomi Spermatophyta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2017 yang berjumlah tujuh kelas, yaitu kelas A, B, C, D, E dan F. Dengan total keseluruhan mahasiswa adalah sebanyak 182 orang. Sampel sebanyak 58 mahasiswa yang diambil dari keseluruhan kelas Pendidikan Regular A 2017 sebanyak 28 orang, dan kelas pendidikan Regular E 2017 sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling(acak). Data dikumpulkan melaluiangket sikap ilmiah dan lembar observasi, analisis data dihitung dalam bentuk persentase. Hasil analisis data angket menunjukkan sikap ilmiah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2017 sebesar 76,66% (kategori baik). Indikator sikap ilmiah Mahasiswa yang paling tinggi adalah pada indikator sikap peka terhadap lingkungan sekitar 83,00%(sangat baik), sikap ketekunan 82,24% (sangat baik), sikap berpikiran terbuka dan kerjasama 81,74% (sangat baik). Sedangkan kategori sikap ilmiah mahasiswa yang paling rendah adalah pada indikator sikap respek terhadap data/fakta 66,97%(baik), sikap penemuan dan kreativitas 69,40% (baik), sikap ingin tahu 72,17%(baik), sikap berfikir kritis 72,24% (baik).