EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 6 soal essay test yang telah divalidasi oleh 3 orang validator dan telah dilakukan uji validitas butir, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest 22.57 dan nilai rata-rata posttest 78.75, Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 22.99 dan nilai rata-rata posttest 50.46. Pada uji t dua pihak memperoleh nilai thitung < ttabel yaitu 0.38 < 2.002 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian hasil uji t satu pihak memperoleh thitung > ttabel yaitu 10.54 > 1.671 sehingga Ha diterima, Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya efek yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019.