PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II MAN 1 MEDAN T.P 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II MAN 1 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas kelas X MIA MAN 1 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas ekperimen dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry training dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk multiple choice, dan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 36,06 dan nilai rata-rata kelas kontrol 41,52. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = -2,256, ttabel = 1,99, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 73,79 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 55,91. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 7,006 dan ttabel = 1,6657. Karena thitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X MAN 1 Medan T,P 2018/2019.