Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019. Penelitian ini termaksut quasi eksperimen dengan bentuk desain two group pretest – possttes desain. Populasi penelitian ini terdiri dari 8 kelas dan pengambilan sample dengan cara random sampling, terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 6 jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 dengan jumlah siswa 33 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam bentuk tes Essay sebanyak 7 item soal dan aktifitas belajar siswa dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data yang dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata – rata pretes dan postes kelas eksperimen adalah 42,06 dan 87,03 sedangkan nilai rata – rata pretes dan postes kelas kontrol adalah 41,48 dan 72,42. Aktivitas siswa dikelas eksperimen di peroleh rata – rata sebesar 71,83 dengan kategori aktif sedangkan kelas kontrol aktivitas belajar 50,44 kategori cukup aktif, analisis data prites dengan menggunakan uji t dua pihak kelas eksperimen dan kontrol di peroleh harga sebesar 1,979 atau 0,2830 < 1,979, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa di kelas eksperimen dan kontrol dan sedangkan analisis data postes dengan menggunakan uji t satu pihak di peroleh thitung sebesar 7,600 dan ttabel sebesar 1,663 atau thitung> ttabel sehingga ditarik kesimpulan ada perbedaan yang signifikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi Momentum dan Impuls di Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2018/2019.